Walang Inovasi resmi dibuka Bupati Maluku Tengah H. Abua Tuasikal, SH

Kamis, 20 Sep 2018 | 15:19:04 WIB - Oleh Team Siwangi


Walang Inovasi resmi dibuka Bupati Maluku Tengah H. Abua Tuasikal, SH

Saat ini, telah terjadi pergeseran paradigma tentang inovasi, yang sebelumnya dianggap sebagai alternatif solusi menjadi jalan utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing, dan meningkatkan kesejahteraan. Pemerintah daerah menjadi salah satu ujung tombak pelayanan publik wajib melakukan inovasi. Pelayanan publik yang inovatif akan meningkatkan pelayanan, pemberdayaan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan daya saing yang semakin tinggi. Pentingnya Inovasi Daerah telah ditegaskan dalam pasal 390 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang ditindaklanjuti dengan penetapan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. 

Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah meskipun telah berhasil meningkatkan kesejahteraan dan daya saing daerah, namun masih relatif lambat dan rendah dibandingkan dengan tingkat Provinsi Maluku dan Nasional. Kondisi ini diakibatkan oleh minimnya inovasi sebagaimana hasil penilaian Tim Penilai Lomba Perencanaan Pembangunan Nasional tahun 2017 di Jakarta. Berkenaan dengan itu, Inovasi daerah telah ditegaskan dalam Visi - Misi Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah tahun 2017-2022, bahwa untuk mewujudkan Maluku Tengah yang lebih maju dan dapat menjadi Jendela Indonesia Timur, maka diharuskan upaya-upaya terobosan atau inovasi dalam perbaikan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat, serta Peningkatan Daya Saing Perekonomian Daerah.

DR. Rakib Sahubawa, MS.i lebih jauh menjelaskan bahwa “Walang Inovasi” diharapkan menjadi wadah yang mampu menginspirasi pengambil kebijakan untuk mau berinovasi dan mau menggalang dukungan untuk berinovasi, menggali ide-ide inovasi baik yang berangkat dari permasalahan yang dihadapinya maupun untuk mewujudkan visi atau impiannya, merancangan rencana aksi inovasi yang komprehensif, dan melaksanakan inovasi secara fokus dan konsisten, serta menyampaikan progres dan manfaat inovasi kepada stakeholder atau lingkungannya. Selain itu, melalui “Walang Inovasi” ini juga diharapkan dapat mendorong peningkatan publikasi, promosi dan kerjasama inovasi daerah.