Wabup Malteng Hadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Malteng Tahun 2022
Musrenbang RKPD Kabupaten Malteng Tahun 2022

Rabu, 28 Apr 2021 | 12:12:49 WIB - Oleh Team Siwangi


Wabup Malteng Hadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Malteng Tahun 2022

Malukuexpress.com, Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury Dalam Sambutannya Pada Musrenbang RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 di Masohi, 27 Maret 2021.

Mengawali sambutan saya patutlah kita naikkan Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan Rahmat, Berkat dan HidayahNya, sehingga kita dapat menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 dalam keadaan sehat walafyat, guna memenuhi  salah satu tugas dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan pemerintaahan dibidang Perencanaan Pembangunan Daerah.

Setelah pelaksanaan berbagaitahapan proses perencanaanpembangunandaerah, mulaidariMusrenbang Negeri, Musrenbang Kecamatan, Forum OPD, dan Forum Gabungan OPD, maka hari ini kita kembali bertemu untuk mengikuti pelaksanaan forum Musrenbang RKPD Kabupaten Maluku Tengah.

Forum Musrenbangini mempunyai peran sangat penting, karena seluruh pemangku kepentingan dapat berpartisipasi melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi terhadap usulan program dan kegiatan dari masyarakat dengan rencana kerja dari masing-masing OPD.Selanjutnya menjadi landasan dalam melaksanakan pembangunan daerah untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Maluku Tengah, yang berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara.

Pada Musrenbang RKPD ini, kembali Saya ingatkan bahwa RKPD Tahun 2022 yang akan disusun merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Kabupaten Maluku Tengah periode 2017-2022, sekaligus sebagai landasan dan acuan bagi pelaksanaan pembangunan secara berkelanjutan untuk periode  berikutnya.

Sebagai suatu proses pembangunan yang bertahap dan berkelanjutan, maka RPJMD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2017-2022 merupakan bagian dari rangkaian sejarah pembangunan daerah ini, dan RKPD tahun 2022 merupakan salah satu sub bagiannya. Kelahiran Kabupaten Maluku Tengah pada tahun 1952, peresmian Kota Masohi oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, bapak Ir. Soekarno pada tahun 1959, serta perjalanan panjang daerah hingga kini tentunya bukan suatu kebetulan belaka. Melainkan karena ketulusan komitmen kelahirannya, serta ikhtiar dari para pendiri, pemimpin dan tokoh masyarakat daerah ini, yang ingin mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat MalukuTengah.

Semangat dan komitmen para pendiri daerah ini, dan terutama dari Bapak Proklamator, Presiden Ir. Soekarno, telah dan akan selalu menjadi motivasi dan menginspirasi kita semua untuk mampu menghadirkan gagasan dan konsep terbaik untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat, melalui berbagai pendekatan terutama secara teknokratik yang dikemas dalam visi dan misi pembangunan daerah.

Berbagai pola dan konsep pembangunan serta sistem pemerintahan telah dijalankan oleh setiap Pemimpin dan aparaturpemerintah daerah di Kabupaten Maluku Tengah, termasuk kita semua yang ada saat ini,yang bermuara pada tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera dengan spirit zamannya masing-masing.

Dalam sejarah penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah ini, disamping kita telah mencapai kemajuan di berbagai bidang,tidak sedikit pula permasahan dan tantangan yang kita dihadapi. Konflik sosial yang pernah melanda daerah ini, dan krisis multidimensi yang pernah dan sedang dihadapi secara global dan nasional, turut memperlemah seluruh sendi kehidupan masyarakat, memperlambat atau bahkan membuat penurunan drastis kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat.

Belajar dari berbagai permasalahan dan tantangan yang terus kita hadapi, maka sebagai pengemban amanah rakyat, marilah kita kembangkan landasan pemikiran yang kuat dan komprehensif, kreatif dan inovatif untuk menyusun program dankegiatanTahun 2022, untuk mempercepat pemulihan diberbagai bidang pembangunan, baik di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan perlindungan sosial, sejalan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah tahun 2022, yaituMemantapkan Pemulihan Ekonomi dan Sistem Kesehatan Menuju Transformasi Ekonomi dan Inklusif”

Berkenaan dengan Tema Pembangunan Nasional tahun 2022, Maka tema pembangunan Daerah Kabupaten Maluku Tengah pada tahun 2022 adalah Peningkatan Kualitas SDM, Investasi dan Infrastruktur Melalui Pengembangan Inovasi”

Mengacu pada Tema Pembangunan Nasional dan Pembangunan Daerah Kabupaten Maluku Tengah tahun 2022, maka Kita akan fokus untuk melaksanakan berbagai program dan kegiatan terobosan, yang diarahkan pada :

  • Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi yang berkualitas
  • Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia dan Keluarga Sejahtera
  • Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan Daerah yang Baik dan Bersih
  • Pembangunan Infrastruktur, Lingkungan Hidup dan Pengembangan Kawasan
  • Peningkatan Keamanan, Ketertiban dan Penguatan Nilai-nilai Seni Budaya Orang Basudara
  • Pemberdayaan Perempuan, Pemuda dan Olah Raga.

Upaya percepatan pemulihan bidang kesehatan dan pendidikan, serta pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial tidak akan optimal dilakukan melalui berbagai fokus dan prioritas program dan kegiatan pembangunan yang direncanakan, jika kita tidak memiliki Keseriusan dan komitmen, serta tidak mengembangkan berbagai inovasi. Untuk itu, saya meminta perhatian seluruh pimpinan OPD beserta staf, untuk melaksanakan beberapa langkah penting, antara lain :

  1. Memperkuat dan mengembangkan berbagai program dan kegiatan inovasi untuk mendorong pencapaian kinerja yang tinggi dan prestasi terbaik, guna mempertahankan dan meningkatkan perolehan Dana Insentif Daerah.
  2. Memperkuat Pengawasan,serta meningkatkan kualitas danjangkauan pelayanan guna meningkatkan Retribusi Daerah.
  3. Meningkatkan pengawasan dan membuat berbagai terobosan baru untuk mengoptimalkanPajak Daerah
  4. Meningkatkan kualitas rencana program dan kegiatan, terutama untuk sumber pembiayaan Dana Alokasi Khusus dan Tugas Pembantuan, melalui pemenuhan berbagai persyaratan, seperti pelaporan, data, Dokumen Perencanaan, dan administrasi pendukung lainnya

Meningkatkan kualitas layanan perizinan, guna peningkatan investasi, pengembangan dunia usaha, dandaya saing daerah,”tutupnya. Turut hadir Ketua, Para Wakil Ketua, beserta Ketua-ketua Komisi DPRD Kabupaten Maluku Tengah, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Maluku Tengah, Ketua Pengadilan Negeri Masohi. Kepala Bappeda Provinsi Maluku atau yang mewakili. Pimpinan TNI dan POLRI. Kepala BPS Kabupaten Maluku Tengah. Sekretaris Daerah, Para Asisten, Sta fAhli, dan Pimpinan OPD. Pemuka Agama, Akademisi, pimpinan organisasi wanita, kemasyarakatan dan kepemudaan. wartawan media cetak dan elektronik. (Hms)