Pemkab Malteng Raih Inagara Award 2020
Maluku Tengah Raih Penghargaan Inagara Awar 2020 oleh LAN RI

Sabtu, 26 Sep 2020 | 08:56:02 WIB - Oleh Team Siwangi


Pemkab Malteng Raih Inagara Award 2020

KABARTIMURNEWS.COM, MASOHI - Lembaga Adminitrasi Negara (LAN) RI memberikan penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) Award tahun 2020 kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah. 

Penghargaan ini diberikan LAN sebagai bentuk apresiasi atas komitmen tinggi Pemkab Malteng dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan inovasi pelayanan publik. Penyerahan penghargaan dilakukan secara virtual di kantor bupati Malteng, Kamis (6/8). 

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengapresiasi penghargaan tersebut setelah LAN memastikan Pemkab Malteng masuk sebagai salah satu peraih penghargaan tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih kepada LAN atas anugerah Inagara Award ini kepada Kabupaten Maluku Tengah sebagai apresiasi atas komitmen kami dalam berinovasi,” kata Abua di Masohi, kemarin.

Abua berharap dengan diraihnya penghargaan tersebut akan menambah motivasi bagi aparatur Pemkab Malteng untuk terus berinovasi, meningkatkan pelayanan publik disertai dengan komitmen dan semangat kerja yang tinggi.

Semangat dan pendampingan yang diberikan oleh LAN, sangat membantu Pemkab Malteng untuk terus melahirkan dan mengembangkan inovasi. Menurutnya, inovasi adalah adaptasi terhadap perubahan, serta langkah percepatan yang patut dilakukan agar bisa meningkatkan kualitas pelayanan, daya saing daerah serta upaya dalam mensejajarkan diri dengan Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia.

Kabupaten berjuluk Pamahanunusa ini berhasil masuk nominasi Inagara Awards 2020 dan meraih penghargaan karena telah melakukan tahap deliver dan display yang merupakan tahapan ke empat dan ke lima dari Laboratorium Inovasi (LABINOV). LAN juga melihat upaya lainnya yang dilakukan Pemkab Malteng dalam melakukan diseminasi inovasi.  Abua katakan, pada tahun 2019 Pemkab Malteng menggelar acara Lomba kreativitas dan Inovasi di lingkup OPD Malteng pada 14-15 November 2019. 

Ini merupakan tahap akhir dari 5 tahapan laboratorium inovasi daerah. Pada lomba kreatifitas dan inovasi daerah tersebut Malteng tidak hanya menghadirkan inovasi-inovasi yang muncul dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga mengundang kehadiran seluruh OPD di lingkup Pemkab Malteng untuk mendisplay inovasi-inovasi unggulan sebagai media untuk saling belajar dapat menjadi sumber inspirasi bagi ASN untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Bupati Malteng dua periode ini berharap ke depan masyarakat bisa terlibat aktif untuk melahirkan inovasi-inovasi yang produktif. Menurutnya, bila seluruh elemen terlibat dalam upaya melahirkan inovasi-inovasi yang produktif, tentunya hal ini akan memberikan kontribusi yang baik bagi perbaikan peningkatan kinerja daerah. 

“Akhirnya, dengan penuh sukacita, kami ucapkan selamat ulang tahun ke-63 kepada Lembaga Administrasi Negara. Semoga LAN semakin jaya dan tetap berkomitmen dalam mendampingi daerah ini maupun dalam mengembangkan inovasi sektor publik di seluruh Indonesia,” kata Abua.

Selain Malteng, tiga daerah di Indonesia juga meraih Inagara Award 2020, yakni kabupaten Lebak, kabupaten Mempawah dan kota Cilegon. (KTA)