Bupati Malteng Hadiri Kegiatan Forum Gabungan OPD Kabupaten Malteng
Gabungan OPD Kabupaten Malteng Tahun 2021

Rabu, 28 Apr 2021 | 12:06:07 WIB - Oleh Team Siwangi


Bupati Malteng Hadiri Kegiatan Forum Gabungan OPD Kabupaten Malteng

Malukuexpress.com, Bupati Maluku Tengah dalam sambutannya pada kegiatan Forum Gabungan OPD Kabupaten Maluku Tengah Di Masohi. Jumat 26 Maret 2021.

Mengawali sambutan ini, berkenanlah saya mengajak kita sekali sekalian untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan berkat dan ridha-nya bimbingan serta pertolongannya, maka kita semua dapat hadir pada kegiatan forum gabungan OPD Kabupaten Maluku Tengah guna memenuhi salah satu tugas dan dan tanggung jawab kita sebagai pelaku pembangunan di daerah yang sama-sama kita cintai.

BACAAN LAINNYA

Organisasi perangkat daerah sebagai ujung tombak penyelenggara pemerintahan dituntut untuk mengembangkan landasan pemikiran yang kuat dan komprehensif untuk mendorong pencapaian visi dan misi pembangunan daerah yang diemban melalui agenda pembangunan yang tepat efektif efisien, dan memiliki dampak yang nyata terhadap seluruh bagian masyarakat dan sektor di Maluku Tengah.

Bagi pemerintah Kabupaten Maluku Tengah pengembangan landasan pemikiran yang kuat dan komprehensif pada Tahun 2022, diawali dari penyusunan rencana kerja Pembangunan Daerah atau RKPD dan akan dilanjutkan dengan penyusunan dokumen anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD yang merupakan dokumen perencanaan daerah yang strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah dalam rangka menyukseskan RPJMD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2017 – 2022.

Forum gabungan OPD sebagai salah satu tahapan perencanaan yang bertujuan untuk membahas rencana kerja atau Renja perangkat daerah dengan rancangan RKPD harus di maknai sebagai momen untuk menyamankan langka dan menyatukan komitmen kita menghadiri perencanaan yang baik dalam membangun daerah.

Perencanaan pembangunan yang baik tersebut, harus mampu memadukan dan mensinergikan rencana kerja pemerintah daerah dengan aspirasi masyarakat yang telah dihimpun melalui musrenbang kecamatan, dan pokok-pokok pikiran anggota DPRD.

Sebagai tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2017-2022 maka saya perlu mengingatkan kepada semua pimpinan OPD agar rencana program dan kegiatan yang disusun untuk Tahun 2022 harus memperhatikan capaian kinerja tahun – tahun sebelumnya, perkiraan capaian tahun 2021, serta mengevaluasi secara mendalam dan sungguh-sungguh target kinerja tahun 2022 jam-jam termuat dalam RPJMD tahun 2017-2022.

Rencana program dan kegiatan Tahun 2022 yang akan disusun, juga harus memperhatikan kondisi dan dampak pandemi covid 19 yang tengah dihadapi, baik dalam skala nasional regional dan khususnya Kabupaten Maluku Tengah.

Pandemik sangat berdampak terhadap kemampuan keuangan daerah baik yang ditransfer oleh pemerintah pusat kepada daerah, maupun terhadap sumber-sumber pendapatan asli daerah.

Menurunnya kemampuan keuangan negara dan daerah tentunya sangat mempengaruhi kemampuan kita dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat bercermin dari semua kondisi itu maka saya mengharapkan agar perlu ada fokus prioritas program dan kegiatan pada upaya-upaya meningkatkan penerimaan daerah, terutama dana insentif daerah dan pendapatan asli daerah. Demikian pula, perlu meningkatkan kualitas perencanaan program dan kegiatan yang bersumber dari dana alokasi khusus, terutama dengan memperhatikan aspek pemenuhan kriteria dan kelengkapan administrasi yang disyaratkan dalam usulan program dan kegiatan dak Tahun 2022.

Program dan kegiatan yang direncanakan juga harus difokuskan untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2027 – 2022 seperti meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan dan pengangguran memerangi stunting dan mempercepat pemulihan dan penguatan layanan pendidikan dan kesehatan. Dengan demikian hasil dari forum gabungan OPDini harus dimunculkan dan diperkuat dengan gagasan gagasan serta langkah-langkah inovatif dan kreatif agar mampu menghasilkan rencana kerja Tahun 2022 dalam rangka pencapaian prestasi Pembangunan Daerah dan prioritas Nasional.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, semoga forum gabungan opd Kabupaten Maluku Tengah tahun 2021 dapat menghasilkan program dan kegiatan prioritas memaknai tuntutan kebutuhan riil masyarakat,”tutupnya. (Hms)